Sabtu, 25 Juni 2011

Peraturan Futsal tentang Tendangan Hukuman


    1. Tendangan bebas tak langsung
    Tendangan diambil dari titik tempat pelanggaran terjadi. Jika terjadi di kotak penalty, tendangan diambil di garis penalty terdekat. Gol hanya sah jika bola lebih dulu menyentuh pemain lain sebelum masuk ke gawang. Tim bertahan boleh membentuk pagar betis dengan jarak 5 m dari bola.

    2. Tendangan bebas langsung
    • Kondisi normal
    Diberikan jika seorang pemain lawanmelakukan pelanggaran berat. Bola boleh diarahkan langsung ke gawang. Tim bertahan boleh membentuk pagar betis dengan jarak 5 m dari bola.
    • Akumulasi pelanggaran
    Diberikan jika tim melakukan pelanggaran lima kali setiap babaknya, maka tendangan bebas yang diperoleh tim lawan akan dikondisikan sebagai berikut:
    a. Tim yang bertahan tidak boleh membentuk pagar betis, mereka harus berada di garis imajiner yang ditentukan wasit dan sejajar dengan garis gawang.
    b. Tendangan harus ditujukan langsung ke gawang, tak boleh di berikan ke pemain lain.
    c. Sebelum menyentuh kipper atau memantul dari tiang dan garis gawang, pemain lain tak boleh menyentuh bola.
    d. Jarak tendangan minimal 6 m dari gawang. Jika terjadi di kotak penalti, maka tendangan diambil dari garis penalti terdekat.
    e. Jika pelanggaran keenam terjadi di daerah lawanatau daerah sendiri antara titik penalti kedua dan garis tengah, maka tendangan akan dilakukan dari titik penalty kedua.
    f. Jika pelanggaran keenam terjadi di daerah sendiri antara garis gawang dan titik penalti keduadiluar kotak penalti, maka tim yang mendapat tendangan boleh bebas memilih titik penalti kedua atau ditempat terjadinya pelanggaran.
    3. Tendangan penalti
    Diberikan kepada tim yang melakukan pelanggaran didalam kotak penalti sendiri. Tendangan dilakukan dari titik penalti pertama. Selain penendang dan kipper lawan, pemain lain harus berada diluar kotak penalti.

    Note:
    Untuk tendangan penalti dan tendangan bebas langsung ketika lebih dari 5 pelanggaran, berlaku ketentuan sebagai berikut:
    1. Ketika seorang pemain bertahan melakukan pelanggaran prosedur, maka tendangan akan diulang jika tidak tercipta gol dari tendangan itu. Jika gol, tendangan tak diulang.
    2. Ketika pemain sebuah tim yang melakukan tendangan melakukan pelanggaran prosedur, maka tendangan akan diulang jika tercipta gol dari tendangan itu. Tak diulang jika tidak terjadi gol.
    3. Maksimal waktu yang diberikan untuk melakukan tendangan bebas langsung dan tak langsung hanya 4 s. Jika lebih, maka wasit akan mengalihkan menjadi tendangan bebas tak langsung untuk tim lawan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar